Video of the day

Utama

OS LINUX MINI BISA MENJADI ALTERNATIVE

Sunday, September 27, 2009


LINUX USB FLASH DRIVE

Saat ini tersedia beragam pilihan distro Linux LiveUSB, kita tinggal instalasikan kedalam USB Flash Drive. Berbagai pilihan tersebut dibawah ini hanya memiliki ukuran 30MB sampai dengan 500 MB. Silahkan pilih mana yang disukai sesuai keinginan anda.

1. AUSTRUMI (Austrum Latvijas Linukss) adalah distro LiveCD bootabale yang hanya berukuran kurang lebih 86 MB. Distro ini dibuat berbasiskan Slackware Linux.. Saat ini realease AUSTRUMI sudah mencapai versi 1.7.2. Distro ini juga dapat berjalan pada komputer dengan spesifikasi hardware yang minim. ( http://cyti.latgola.lv/ruuni/ )

2. Damn Small Linux, DSL dibuat berbasiskan Knoppix yang mudah untuk di remaster, berukuran kurang lebih 50 MB. Pada distro ini terdapat sejumlah aplikasi yang biasa digunakan untuk kebutuhan kerja sehari-hari. Saat ini tersedia lebih dari 900 aplikasi, plugins, dan sejumlah extension lainnya untuk DSL. ( http://www.damnsmalllinux.org/ )

3. Feather Linux, distro ini merupakan turunan dari Knoppix, berukuran kurang lebih 128 MB, dibuat oleh Robert Sullivan. Distro ini ini dapat di boot dari media CD maupun USB Flash Drive. Feather Linux juga menyertakan banyak aplikasi desktop berbasiskan GTK+ seperti Abiword dan Pidgin. ( http://featherlinux.berlios.de/ )

4. MCNLive, Distro ini adalah produk buatan Mandriva Linux yang dapat di boot melalui USB Flash Disk. Distro ini berukuran kurang lebih 466 MB, dengan ukurannya yang cukup besar ini tidak mengherankan distro ini dilengkapi dengan desktop yang indah dan beragam aplikasi yang berbasiskan KDE. ( http://www.mcnlive.org/ )

5. MPentoo, Mpentoo merupakan Linux LiveCD yang dibuat untuk tujuan penetration testing dan memastikan keamaman sistem, namun tampilan desktop MPentoo ini amat menawan dan memiliki beragam aplikasi untuk beragam kebutuhan. Distro ini menggunakan kernel 2.6.16. Beberapa aplikasi yang cukup populer adalah pengubah password Windows NT, pengganti password CMOS dan Etheral Network Sniffer. ( http://www.pentoo.ch/ )

6. NimbleX, Distro ini dibuat berbasiskan SLackware dengan menggunakan linuix-live-scripts. Meskipun berukuran kecil, namun distro ini datang dengan interface sangat indah dan tersedia berbagai aplikasi untuk kebutuhan browsing, menulis dokumen, mendengarkan musik. memutar film dan fungsi dasar server. ( http://www.nimblex.net/ )

7. Parted Magic, tujuan utama distro ini dibuat adalah untuk memartisi harddisk. Distro ini berukuran kurang lebih 50 MB dan didalamnya terdapat aplikasi GParted sebagai palikasi utama guna menangani segala macam urusan pastisi harddisk. Selain itu juga disertakan aplikasi Partition Image, TesDisk, fdisk, dd, ddrescue dan lainnya. ( http://partedmagic.com/ )

8. Puppy Linux, distro yang memiliki nama mirip dengan nama seekor hewan. Distro ini memiliki ukuran yang minim namun memiliki kelengkapan aplikasi yang cukup beragam kebutuhan. Selain itu distro Puppy ini juga dikenal sebagai distro yang hemat dalam penggunaan hardware, karena tidak membutuhkan spesifikasi hardware yang tinggi. Dapat juga dijalankan pada PC sekelas P-II dengan RAM 64 MB. ( http://www.puppylinux.org/ )

9. SLAX, distro ini merupakan salah saru distro yang dibuat berbasiskan Slackware. Slax dirancang untuk mudah digunakan dan memiliki keindahan desktop Linux berbasis KDE. Versi terakhir sudah sampai 6.0.7. ( http://www.slax.org/ )

10. SliTaz, Jika anda mencari distro LiveCD Linux mini dengan desktop yang indah dan cukup lengkap, coba saja SliTaz. File iso distro ini hanya berukuran 28 MB saja. ( http://www.slitaz.org/ )

11. xPUD, distro yang satu ini hanya menyediakan web browser dan media player. Distro ini dioptimalisasikan untuk USB Flash Drive dan menyediakan metode booting cepat yang dinamakan “Boot-Gear“. Dibuat berbasiskan Ubuntu Linux, dapat berjalan dengan cepat dan ringan. xPUD adalah pilihan tepat untuk menjalankan beragam aplikasi web di perangkat kecil seperti Netbook dan MID. ( www.xpud.org )

Sumber www.infolinux.web.id

0 comments:

Post a Comment

 
Gratis Downlaod untuk Semua | Rearrange by ANAMUXLIM ©2010