Video of the day

Utama

Ubuntu Muslim

Saturday, February 28, 2009



Sudah lama tidak bermain lagi dengan linux. Terakhir mencicipi linux mint 3.1 (yang merupakan turunan dari ubuntu). Semenjak mengenal ubuntu dari versi 5.04, hampir setiap versi ubuntu yang dirilis selalu saya cicipi di PC ataupun Laptop. Baik itu diperoleh lewat program ShipIt, pinjem teman, dari majalah komputer, maupun men-download langsung dari internet. Tapi semenjak jadi ‘pekerja kerah putih’, kegitan ngoprek linux ataupun ngoprek lainnya jadi terhenti. Entah karena terlalu ’sibuk’ atau emang kehilangan motivasi (males :p ).

Baru-baru ini, Ubuntu mengeluarkan versi terbaru yaitu ubuntu 7.10 Gutsy Gibbon. Bahkan beberapa kota di Indonesia dan penjuru dunia lainnya sampai mengadakan acara Penyambutan Rilis terbaru (GRP, Gutsy Release Party) oleh komunitas ubuntu. Meskipun saya tidak pernah aktif di komunitas ubuntu, tapi saya juga ingin ikut menyambut kedatangan ubuntu rilis terbaru di blog yang sudah lama tak diurus ini.. hehe.

Komentar saya cuma satu untuk ubuntu edisi terbaru ini… WOW. Di laptot yang saya gunakan, Lenovo Y400, di Ubuntu versi sebelumnya biasanya untuk mengeluarkan suara harus menginstall alsa versi terbaru terlebih dahulu.. Tapi dengan Gutsy, ga perlu repot-repot lagi… Untuk mencoba efek 3D dengan compiz pun ga perlu cape-cape download buat nginstall.. Namun untuk menjalankan beberapa file multimedia seperti mp3, avi, mp4, mpeg tetep harus nginstall lagi dari internet… :( Tapi kabarnya Blankon 2.0, mau dirilis tanggal 15 November nanti loh.. Blankon 2.0 dah support mp3 loh (kayak linux mint).

Bagi temen-temen Muslim yang ingin menginstall Ubuntu bernuansa Islami, dapat mencoba Ubuntu Muslim Edition. Ubuntu Muslim Edition adalah modifikasi Ubuntu dengan menambahkan beberapa apliakasi Islami seperti penunjuk waktu sholat (Mimbar Prayer Times), Al-Quran dari Internet (Zekr), Kalender Hijriah, Web Content Filtering serta modifikasi beberapa themes seperti tampilan grub manager, usplash, GDM Login, Themes, dsb.

Biasanya sudah tersedia dalam bentuk ISO, namun sampai tulisan ini dibuat untuk Ubuntu 7.10 masih belum tersedia. Mudah-mudahan dalam waktu dekat sudah selesai di kompilasi dan dapat di download. Atau jika mempunyai akses internet, kamu dapat menjalankan script yang telah dibuat untuk memodifikasi Ubuntu 7.10 dan langsung mendownload file-file yang dibutuhkan dan mengubah Ubuntu kamu menjadi lebih Islami.

Atau jika ingin menganti tampilan ubuntu menjadi lebih mirip Mac OS X, kamu bisa mencoba Mac4Lin, sebuah kumpulan paket berisi file-file yang dibutuhkan untuk mengganti tampilan Ubuntu kamu menjadi jadi lebih mirip Mac OSX yang dikembangkan oleh Anirudh (In ubuntuforum known as infra_red_dude)… Thanks dude.

Selamat berUbuntu ria….

2 comments:

sopyan irawan said...

keren mas,,,
mas add saya dong
n jngan lpa y main balik
mkasih

sopyan irawan said...

wah bgus tu mas
mas add saya dong
n jngan lpa y komen balik
makasih

Post a Comment

 
Gratis Downlaod untuk Semua | Rearrange by ANAMUXLIM ©2010